" Tidak ada kenangan kalau tidak pernah mencoba untuk menikmati jajanan ini "                                                                                                                                                                                                                                                 " Selamat menikmati Jajanan khas Batola "                                                                                                                                                                                                                                                 " Kalau enak beritahu teman anda, kalau tidak enak beritahu kami..... "

Minggu, 06 November 2011

HARI IDUL ADHA ADALAH TIGA MOMENTUM SEJARAH KECINTAAN TERHADAP ALLAH SWT


Jajanan khas batola : Hari ini seluruh ummat Islam didunia khususya di Indonesia merayakan Hari Raya Qurban atau Hari Idul Adha 1432.H dari pedesaan hingga perkotaan, dari pulau hingga pegunungan semua tertuju kepada satu tujuan dimana hari ini bagi orang-orang yang berpunya dan mempunyai harta dan kekayan yang lebih dengan niat dan tulus dapat melaksanakan Ibadah Qurban.

Kecintaan pertama : Secara serentak ummat Islam diseluruh dunia diundang oleh Allah SWT untuk melaksanakan shalat Idul Adha berjamaah, bayangkan betapa banyak tempat dimuka bumi ini dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya sholat Idul Adha, pertemuan ini adalah selain menghambakan diri kepada Allah SWT juga dijadikan sebagai.... saling silaturrahim, saling maaf memaafkan dan saling mempererat persaudaraan. Bayangkan kalau ajang seperti ini selalu berlanjut diluar Idul Adha betapa damainya kehidupan dimuka bumi ini yang seharusnya tidak ada peperangan, perkelahian dan juga perselisihan dimana-mana.

Kecintaan yang kedua : Di hari Idul Adha ini betapa banyak binatang qurban bergelimpangan dimana-mana mungkin berjuta-juta ekor hari ini dan dua hari tasyrik berikutnya di qurban-kan, tetes darah dijadikan sebagai pengorbanan ummat Islam, kalau dulu pengorbanan dengan tetes darah dianggap sebagai kekejaman dan kebengisan, tetapi sekarang tetes darah dari binatang qurban adalah sebagai wujud kecintaan seorang hamba kepada Allah SWT. Disamping itu ibadah qurban ini juga dapat dijadikan sebagai kegiatan sosial untuk berbagi kepada sesama untuk saling mencintai dan saling merasakan. Betapa dahsyatnya kegiatan seperti ini yang seharusnya tidak ada lagi jurang pemisah antara sikaya dan simiskin untuk dapat saling membantu dan saling berbagi.

Kecintaan yang ketiga : Ibadah Haji di Makatul Mukarramah bagi ummat Islam yang melaksanakannya. Hal ini sebagai wujud kecintaan sekaligus memenuhi panggilan Allah SWT sebagai penunaian Rukun Islam yang kelima. Ibadah Haji adalah puncak kecintaan kepada Allah SWT yang seharusnya bagi ummat yang melaksanakannya kegiatan seperti ini setelah pulang ketempat masing-masing dapat membawa hasilnya sebagai haji yang mabrur. Puncak kecintaan ummat Islam kepada Allah SWT itu seharusnya dijadikan manivestasi setelah pulang nanti ketempat masing-masing,  sehingga dapat dijadikan teladan bagi ummat Islam lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu marilah Idul Adha ini kita jadikan sebagai momentum bersejarah untuk saling menjalankan ibadah kepada Allah SWT dengan sebaik-baikya, saling menjaga silaturrahim, saling berinteraksi kepada sesama untuk saling berbagi dan saling meneladani kebaikan. Sehigga terciptalah suatu keharmonisan kita baik kepada Allah SWT maupun sesama ummat manusia. Amin Allahumma Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar